RSS

Penulisan Kata Depan dalam Bahasa Indonesia Masih Banyak yang Salah

08 Mei

Jangan salah sangka dulu, gw ga lagi mau nulis atau bahas tentang Bahasa Indonesia yang dipake sama Cinta Laura — yang memang dia akui masih sangat kurang, sampe merasa perlu kuliah di Australia buat memperbaikinya. Sarap!

Gw terinspirasi buat menulis ini, karena hal ini memang sudah sering sebenernya gw temuin. Tapi sebelumnya, i need to make a confession, gw mengakui, bahkan penulisan post ini tidak dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, tapi bukan itu yang lagi pengen gw bahas. Gw cuma lagi pengen bahas soal aturan penggunaan kata depan dan imbuhan, khususnya untuk kata depan ‘di‘ dan imbuhan ‘di-‘.

Trigger utamanya adalah saat tadi pagi gw seperti biasa menaiki KRL Ekonomi AC Depok – Tanah Abang guna menuju kantor. Di setiap pintu terdapat stiker yang bertuliskan ‘Dilarang bersandar dipintu automatic‘. Bukan, bukan soal pencampuran antara penggunaan Bahasa Indonesia dengan sebuah kata dari Bahasa Inggris yang gw permasalahkan. Hal seperti itu lumrah buat gw — meskipun sebenernya udah ada kata serapannya, automatic –> otomatis. Tapi perhatikan kata ‘dipintu‘. Apa itu? Apa coba artinya ‘dipintu‘?

Coba pikir, apa artinya kata ‘dipintu‘? Ada ga di salah satu yang gw sebutin di bawah ini:

  1. Dibikin jadi pintu?
  2. Dipukul pake pintu?
  3. Diberi pintu?
  4. Dikenakan pintu?
  5. Dengan dalam menuju? (dipintu <– dip intu <– deep into) πŸ˜›
  6. Makan pintu? udah ga nyambung nih emang, maklum udah mau jam makan siang hehehe
  7. Tidak sengaja jadi pintu?
  8. Nasi padang pake paru? ok ok gw ngaku udah laper banget deh, hiks…

Ga ada kan? karena memang itu bukan kata kerja. Ok gw ambil contoh di Bahasa Inggris aja. Pintu itu door. Dipintu == Doored. Emang ada doored? Ga ada kan? Ya memang, karena itu tuh sebenernya salah nulis. Harusnya kan ‘di pintu‘ alias ‘on the door‘ kalo dalam Bahasa Inggris.

Ini kayaknya kecil banget yak masalahnya, cuma beda sebuah spasi doank. Tapi fatal bung! Sama fatalnya kayak dokter yang menangani ibu hamil yang mau melahirkan dengan sedot vakum, jarak kedua alat ‘anu‘ itu kan ga terlalu jauh, tapi bayangkan apa jadinya kalo tu dokter malah nyedot dari ‘anu‘ yang pake S, apa yang kesedot? Bayikah? Yakin nih bayi? OK, kalo lo ngotot tetep bayi yang keluar, Selamat Anda telah mengadopsi seorang anak bernama Tinjani Puspitaisari!

Gw juga pernah lihat kesalahan ini di sebuah bill board iklan sebuah produk GSM. Iklan lainnya juga banyak. Biasanya kesalahannya kalo ga kata depan ‘di‘, atau kata depan ‘ke‘.

Come on guys, ‘di‘ dan ‘ke‘ sebagai kata depan, biasanya berpadanan dengan kata benda, itu ditulis dengan terpisah. Misalnya: ‘di pintu‘, ‘di antara‘, ‘ke kanan‘, dan ‘ke kamar‘.

Bedakan dengan imbuhan ‘di-‘ dan ‘ke-‘ yang biasanya berpadanan dengan kata kerja, dan sudah selayaknya seperti imbuhan lain, ditulis menyatu dengan kata dasarnya. Misalnya: ‘dipukul‘, ‘digoda‘, ‘ketahuan‘ (judul lagu siapa cobaaaa?), dan ‘kelihatan‘.

Walaupun memang ada yang masih membingungkan, misalnya kata ‘keluar‘. Kalo menurut gw, ini tergantung penggunaannya dalam kalimat, apakah sebagai kata kerja, atau kata keterangan. Misalnya gini:

  1. Si Otong keluar dari perguruan silat Babi Bunting Bersaudara,
  2. Si Mamat beranjak menuju ke luar ruangan.

Pada kalimat no. 1, kata ‘keluar‘ berfungsi sebagai kata kerja, sehingga ‘ke-‘ menjadi imbuhan dan ditulis menyatu. Sementara pada kalimat no. 2, kata ‘ke‘ berfungsi sebagai kata depan yang menunjukkan keterangan tempat.

Do i make it clear to you guys?

Atau harus gw bikin lebih banyak contohnya dalam penggunaannya pada kalimat? OK deh, nih gw tulisin:

  1. Dilarang bersandar di pintu otomatis,
  2. Dilarang berdiri di samping baling-baling pesawat terbang,
  3. Dilarang protes kalau tidak mau digebuk,
  4. Cinta dilarang pergi kuliah ke luar negeri karena takut jadi aib,
  5. Keputusan itu sudah bulat.

Sudah mengerti?

Belum juga? Waduh!!!

Kalo beneran belum ngerti, saya sarankan Anda menabung banyak-banyak dari sekarang, jadi bisa kuliah di Australia biar Bahasa Indonesianya jadi makin bagus, plus sekelas ama Cinta Laura. Yang pasti, di Australia walaupun ujan ga becyek, kalo ojyek mah emang ga ada dari dulunya… Hehe πŸ˜›

Iklan
 
11 Komentar

Ditulis oleh pada 8 Mei 2008 in Review

 

11 responses to “Penulisan Kata Depan dalam Bahasa Indonesia Masih Banyak yang Salah

  1. semuasayanganna

    11 Mei 2008 at 9:05 am

    hil, dapet salam dari EYD ;p

     
  2. sudono

    14 September 2008 at 1:02 pm

    tolong kasih tw situsnya video bokep dong. saya tinggal dipalu SULTENG saya sekolah di SMA Negeri 2 palu………………………… TOLong !!!!!

     
  3. hilmiiy

    15 September 2008 at 7:42 am

    ampun dah, bisa-bisanya nanyain yang begonoan di blog gw…

    malu2in almamater lu lagi…

    ckckck…

    hahaha, puasa puasa…

     
  4. Rinkun

    27 Oktober 2009 at 3:59 pm

    Ih pinter ya,kmu.Kepengen bljr lbh dlm lg.Mang kt dpn di- itu yg bikin mikir panjang.

     
  5. hilmiiy

    28 Oktober 2009 at 8:25 am

    alhamdulillah… cuma sedikit berbagi uneg2… hehehe

     
  6. dani

    30 November 2009 at 1:16 pm

    ya ampun, untung aja ada ‘di’ sebagai kata depan…
    makasih ya, kalo gak aku gak bisa deh ngerjain makalahnya.
    tapi kok cuman sedikit ciee…
    kalo bisa diperbanyak,hehehehe…

     
  7. ahmad

    6 Desember 2009 at 2:16 pm

    cuma sedikit

     
  8. hilmiiy

    22 Februari 2010 at 1:46 pm

    @dani: sama2 πŸ˜‰ kalo mau kasi aja contonya, biar gw kasitau πŸ˜€
    @ahmad: ya emang sedikit, trus gimandra? πŸ˜€

     
  9. Rizcha nuraga cluver's liberty

    7 Oktober 2010 at 2:14 pm

    ckckckckkckck πŸ˜€

     
  10. doto

    28 Desember 2010 at 10:21 pm

    wkwkwkwkwk…lucu gan,lumayan bwt obt strees..bru tw klo ada orng nmanya Tinjani Puspitaisari:)
    bnernya drtd cri pnjelasan ttg preposisi ‘oleh’ tp lom dpt2,bwt referensi tmbhan skripsi..thanks

     
  11. mygoodnessolivia

    1 Oktober 2011 at 8:12 am

    nice post! πŸ˜€ thx for sharing.
    lagi ngerasa perlu belajar lagi ttg tata cara penulisan dalam bahasa Indonesia yg baik dan benar nih.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: